PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PENJUALAN PRODUK UNGGULAN DAERAH UNTUK PENCIPTAAN KEPUASAN PENGUNJUNG PASAR GROSIR PEKALONGAN

Arif Budiharjo

Abstract


Studi terhadap strategi peningkatan kualitas pelayanan produk unggulan daerah untuk penciptaan kepuasan pengunjung ini dilakukan pada pasar grosir kota Pekalongan, yaitu pasar grosir Setono dan pasar grosir MM. Kajian ini meliputi aspek pelayanan penjualan yang meliputi dimensi pelayanan; atribut penjualan lainnya, karakteristik produk yang dijual, dan aspek kepuasan atas konstelasi pasar grosir. Adapun alat analisis yang digunakan adalah important performance analysis (IPA). Hasil riset ini mengungkap bahwa kepuasan pengunjung masih belum atau tidak puas. Untuk itu, hasil kajian ini memberi rekomendasi kepada pengelola grosir dan para pedagang pada kios-kios di pasar grosir-pasar grosir di Pekalongan untuk meningkatkan kualitas pada dimensi pelayanan, kualitas atribut penjualan, dan kualitas karakteristik produk yang dijualnya.

Keywords


pasar grosir, pelayanan, kepuasan pelanggan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL PENELITIAN : ISSN (p) : 1829-9903, adalah Jurnal Ilmiah untuk publikasi hasil penelitian, yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan, Jln. Kusuma Bangsa No.9 Pekalongan, Telp. (0285) 412575, Fax. (0285) 423418, Website : www.stain-pekalongan.ac.id | E-mail : info@stain-pekalongan.ac.id
Creative Commons License
JURNAL PENELITIAN by http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats