Relasi Kebiasan Belajar, Pergaulan, Dan Prestasi Belajar Matematika di Lembaga Pendidikan Islam

Drajat Stiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika.

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Sembada Kebumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan test. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,863, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,663, (3) ada hubungan yang positif dan siginifikan antara kebiasaan belajar dan pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,874. Besarnya sumbangan relatif X1 sebesar 84,39% dan X2 sebesar 15,61%. Besarnya sumbangan efektif X1 sebesar 64,417% dan X2 sebesar 11,91%.




DOI: http://dx.doi.org/10.28918/jupe.v14i1.832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.